Perjalanan LDII dari Daerah Ke Daerah

Ringkasan perjalan kegiatan DPP LDII , DPW, PC dan PAC mulai dari februari 2005

Lembaga Dakwah Islam Indonesia ( LDII ) pusat maupun daerah ikut dalam misi kemanusiaan bersama relawan-relawan yang lain. Di antara relawan DPP LDII adalah Ketua Umum H. Abdullah Syam M.sc,H.A. Suarno, H. Hidayat Nahwi Rasul, H. Andi Amir, H.A Kunjoro Koordinator bantuan tahap pertama ). Termasuk Ketua DPW LDII provinsi NAD H. Hasan Suir menjadi korban tsunami  dan rumahnya juga tersapu tsunami.

kegiatan-ldii-daerah

Ringkasan Kegiatan LDII

  1. LDII membuat dapur umum untuk melayani pengungsi
  2. Membuat posko peduli di Masjid Al-Fath (Medan)
  3. DPP LDII berkoordinasi pendistribusian bantuan dengan pihak PBB
  4. Menggalang dana bantuan dari seluruh warga LDII dari seluruh provinsi di Indonesia

  1. Audiensi DPD LDII Provinsi Sulawesi Tenggara pad 14 Desember 2004 dengan Kapolda Sulteng Brigjend.Pol.Drs.Aryanto Sutadi,M.sc. , pesan Kapolda Sulteng kepada LDII  “ Kami berharap LDII terus bekerja sama dengan Polri dalam rangka memelihara keamanan mandiri, menciptakan kamtibmas dan membantu Polri dalam memberikan pengertian tentang bagaimana seorang muslim menerapkan syariat Islam sesuai Al-Quran dan Al-Hadits. Hal ini perlu di sampaikan pada warga masyarakat melalui lisan maupun tulisan.

 

Kegiatan LDII Jatim

  1. Musyawarah Daerah DPD LDII kota Kediri di hadiri oleh Walikota Kediri H.A.Maschut, M.si, Wawali Bambang Edianto, Kapolresta Kediri AKBP. Hari Harnowo, Ketua MUI kota Kediri dan  Ketua Paguyuban Antar Umat Beragama.beliau berpesan “ Agama islam adalah agama yang sangat berpotensi, oleh karenanya seluruh pemeluk harus berpotensi, organisasinya berpotensi dan juga para pengurusnya. Saya berharap LDII menjadi organisasi yang lebih berpotensi lagi. Mari kita eratkan tali silaturahim dan uhkuwah islamiyah. Musda menyatakan mendukung terwujudnya Good Government dan Good Governance yang merupakan tuntutan terselenggaranya management pemerintahan dan pembangunan yang berdaya guna dan berhasil guna serta bebas KKN. Serta terbentuknya komposisi pengurus DPD LDII 2005-2010.
  2. Musyawarah Daerah DPD LDII kabupaten Nganjuk di hadiri oleh Wakil Bupati Nganjuk H. Jaelani Ishak , Dandim 0810 Nganjuk , Kapolres Nganjuk, Kepala Kantor Kesbang Linmas, Kadin Pemberdayaan Masyarakat Daerah ( PMD ), Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nganjuk dan Pimpinan Cabang NU Nganjuk. Wakil Bupati Nganjuk H, Jaelani Ishak mengatakan “ Syukur dan bangga saya pada LDII yang mampu menangkap serta menerjemahkan pelaksanaan otonomi daerah dengan mengadakan musda LDII ini sebagai upaya memberdayakan masyarakat. Pemkab Nganjuk mendukung kegiatan LDII dalam peran sertanya berdakwah di tengah Masyarakat.
  3. Sosialisasi UU Anti Terorisme di Pondok Pesantren LDII Kediri yang di wakili oleh Kanit Reskrim Polres Kediri Iptu.Pol.Agus Garbo S.H , “Polisi tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan masyarakat. Dengan dukungan, bantuan, partisipasi, dan kerjasama seluruh komponen masyarakat maka berbagai tindak kriminal bisa diminimalkan, termasuk aksi terorisme. Banyak manusia tidak berdosa yang menjadi korban aksi terror ini. Pelaku terror ini mengatasnamakan agama, apakah agama memang mengajarkan kekerasan semacam ini ? Posisi ormas khususnya LDII sangat strategis untuk membimbing warga agar tidak terpengaruh aksi provokasi dan membantu kepolisian. Hadir dalam acar tersebut Danramil Plemahan Letda.Inf.Eko Pujiwirawan dan Ketua DPD LDII Kediri H.Kusmadi yang didampingi Ketua Ponpes LDII Burengan Kediri KH.Kuncoro Suseno, SE.
  4. Pengajian Generus LDII Probolinggo yang di ikuti sekitar 250 orang , yang di adakan di masjid Hidayatus Sholihin juga turut serta mengumpulkan dana bantuan untuk korban tsunami di NAD dan Sumut serta cerdas cermat yang menjadi juara adalah PAC LDII Mangunharjo.
  5. Lomba Mewarnai Caberawit PAC LDII Panjang Bae Kudus. Peserta adalah caberawit yang biasa di adakan empat kali dalam seminggu, di harapkan dengan banyaknya kegiatan yang positif caberawit menjadi generasi muda yang tangguh, kreatif, mandiri, cerdas, berilmu agama dan berkhlak mulia.
  6. Musda LDII kabupaten Ngawi di adakan di Pendopo Wedya Graha Pemkab Ngawi yang di hadiri oleh Bupati Ngawi dr. H. Harsono , Wakil Bupati Ngawi, Kapolres, Ketua DPRD, Kakandepag, Ketua MUI, Ketua DPD PArtai Golkar.

Kegiatan LDII Jateng

  1. Bupati Semarang Bambang Guritno SH, M,si membuka Pesantren Romadhon di Masjid Baitul Malik, Ungaran, Kabupaten Semarang , hadir pula Kakandepag Kabupaten Semarang Drs. H.Makhasin dan unsur Muspika Kecamatan Ungaran. Dalam pembukaan beliau mengatakan “ Pendidikan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat, termasuk LDII. Melalui pesantren Romadhon diharapkan akan mampu menangkal dampak negative budaya asing yang tidak sesuai dengan norma-norma masyarakat kita. Maka makna dan pelajaran yang di berikan dalam kegiatan ini hendaknya dapat dipahami sebab pesantren merupakan salah satu ekstra kurikuler yang sangat di dukung pemerintah.
  2. Sarasehan pemuda bertema “ Reaktualisasi peran Generus dalam mengemban nilai agama melalui amar ma’ruf nahi mungkar “ . Kegiatan tersebut di adakan dalam rangka menyikapi kondisi di tengah masyarakat saat ini, di mana nilai-nilai religious sudah mulai terkikis khususnya di kalangan generasi muda.
  3.   Bakti Sosial PAC LDII Papahan, Tasikmadu Karang Anyar Jawa Tengah berupa beras gratis yang di berikan kepada lingkungan masjid LDII Papahan. Kepala Desa Papahan mengataka “ Terima kasih pada warga LDII Papahan atas kepedulain kepada lingkungan, beras gratis ini jangan di lihat dari nilainya tetapi ini bagian dari pembangunan uhkuwah islamiyah “

Kegiatan LDII Jabar

  1. Warga LDII Tasikmalaya Jawa Barat mengirimkan relawan bencanan ke lokasi bencana dan mengumpulkan bantuan pakaian baru seharga Rp. 6,5 juta, bantuan tersebut di kumpuklan ke Posko Pemkot Tasikmalaya melalui Kasubag Pemberdayaan Masyarakat, Drs.Abu Manshur dan Ke Bagan Kesos dan Kesehatan yang di terima oleh Kesos dan Kesehatan Drs. Sutisna.
  2. Pengajian Alam Terbuka yang juga untuk mengenang pendahulu bangsa di gelar oleh PC LDII Kesambi, Kota Cirebon di halaman Gedung Museum Linggar Jati Kuningan.
  3. Perkemahan Pemuda PC LDII Sumber Jaya Bekasi meliputi kegiatan ceramah agama, outbon, mengaji, olah raga, memasak dan lain-lain.
  4. Generus LDII kota Depok Jawa Barat mengadakan “Malam Peduli Kemanusiaan “ . Kegiatan ini bertujuan  menggalang bantuan bagi korban musibah gempa bumi dan tsunami di NAD dan Sumut. Acara ini di adakan di Masjid Miftahul Huda Depok yang di pandu oleh H. Fadhil dan H. Arif.
  5. Peresmian Sekretariat PC LDII Kecamatan Limo oleh Camat Limo Drs. Dani Kondani, hadir dalam peresmian tersebut Kapolsek Limo AKP Cahya Budi, Wakil Koramil Kapten Harianja, Lurah Gandul Drs. H.Mursalim, Lurah CInere Drs. Isa Samsuri, Ketua RW dan RT setempat.
  6. Pengurus Ikatan Remaja Masjid Al-Barokah ( IRMA ) bekerja sama dengan PC LDII Arcamanik mengadakan acara “ Penggalangan Bantuan Kemanusiaan untuk NAD dan Sumut “ dan Sholat Gahib berjamaah.
  7. Bakti Sosial Penghijauan ( Gerakan Nasional Rehabilitasi Lahan Kritis / GNRKL ) oleh DPD LDII Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan Kodim 0612 Tasikmalaya serta Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tasikmalaya di Situ Sangiang Desa Cilolokan dan Cibalanarik Tanjung Jaya Sukaraja dengan luas sekitar 40 hektar.
  8. Pengajian Semalam Suntuk di empat PC LDII Kabupaten Indramayu, dalam acara pengajian semalam suntuk juga di adakan evaluasi kegiatan tahun 2004, diskusi dan mendoakan korban gempa dan tsunami di NAD serta Sumut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s